Keuntungan dan Aplikasi Lantai Epoxy dalam Industri Set Up

Lantai merupakan bagian penting dari desain interior. Di pabrik yang mengatur lantai mana yang terkena banyak keausan, pilihan lantai yang benar sangat penting, karena merupakan bagian dari investasi awal dan sering tersebar di area yang luas. Salah satu pilihan lantai yang paling banyak digunakan untuk niche ini adalah epoxy flooring. Pilihan ini berkisar pada fakta bahwa lantai epoxy sangat tahan lama, memerlukan perawatan minimal dan ramah lingkungan. Oleh karena itu, pilihan lantai ini sangat direkomendasikan untuk bangunan tempat tinggal dan industri. Lapisan lantai epoxy biasanya diaplikasikan di atas lantai beton untuk memberikan hasil pengikatan terbaik dan permukaan yang menarik secara estetik.

Istilah epoxy mengacu pada bentuk plastik yang dikatalisis. Ini pada dasarnya adalah resin dan biasanya senyawa bis fenol-A dan poliamina. Resin epoxy ditemukan pada tahun 1930 oleh ilmuwan Swiss, Dr. Pierre Castam. Umumnya poliamina digunakan untuk mengeras permukaan atau lantai. Reaksi katalitik terjadi saat resin dan pengeras bersentuhan satu sama lain. Mereka mengikat satu sama lain dan menciptakan ikatan silang kimia yang memiliki kekuatan tinggi. Teknologi pengikatan ini adalah alasan mengapa epoxies dapat melekat dalam waktu singkat.

Ada tiga tipe utama epoxy untuk lantai. Mereka adalah epoxy padat 100%, berbasis pelarut dan epoxies berbasis air. Dari ketiganya, 100% solids epoxy adalah pilihan terbaik karena kinerjanya terbaik. Epoxies berbasis air dan pelarut dianggap mudah digunakan, namun jenis epoxies ini tidak tahan lama dan tidak dapat diterapkan sebagai lapisan tebal seperti padatan 100%. Epoxies padat dengan mudah memenuhi semua persyaratan ketat yang harus dipenuhi saat merancang lantai industri. Ini menawarkan adhesi yang kuat, ketahanan kimia dan ketangguhan yang sangat baik. Selanjutnya, lantai epoxy pada umumnya tahan abrasi, tahan air, tahan panas, dan tahan terhadap aksi korosif seperti asam dan alkali. Mereka tidak beracun saat kering dan karenanya, bisa digunakan dengan aman bahkan di proyek perumahan dan area bermain anak-anak.

Aplikasi praktis pada permukaan lantai mengambil langkah-langkah berikut. Senyawa dicampur dalam rasio yang tepat dan diaplikasikan ke lantai sampai kedalaman minimum 2 mm. Biasanya, lantai epoxy membutuhkan setidaknya tujuh mantel untuk akhirnya menciptakan permukaan glossy. Ini termasuk mantel dasar, satu atau dua mantel epoxy, lapisan canel dari pasir berwarna atau serpihan dan mantel atas.

Keunggulan utama dari epoxy flooring adalah kemudahan perawatan. Lantai beton memerlukan perlindungan yang tepat dan lantai epoxy adalah pilihan terbaik untuk menawarkan perlindungan terhadap abrasi, serangan kimia dan sengatan panas, yang biasanya dialami dalam industri. Dengan munculnya teknologi, inovasi lebih lanjut diharapkan dan hanya masalah waktu sebelum solusi lantai epoxy menemukan aplikasi yang luas di segmen perumahan juga.

MPR Technique adalah penyedia solusi epoxy industri terkemuka di India. Mereka menawarkan berbagai macam solusi dengan menggunakan peralatan berteknologi maju dan bangga dengan ketepatan waktu dan kualitas output yang tinggi.

 

Posted on: Februari 22, 2018, by : admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *